ORACAL,si lengket yang multifungsi


Oracal adalah bahan perekat asli kualitas Jerman. Di Indonesia, bahan vinyl ini terutama digunakan bagi mereka yang menerima layanan pembungkus kendaraan.

Kelebihannya dibanding bahan lain yang dibuat di China pada fleksibilitas material saat dipanaskan dengan senapan panas dan tahan warna. Mari kita kupas (kalee buah hehe) seri seri Oracal sesuai penggunaannya sehingga teman tidak mendapat suara. Semua dengan satu tujuan: kepuasan konsumen.








a. Seri 651 (Oracal Garskin)Ini adalah bahan perekat Oracal kelas menengah (Cal Intermediate). Ada dua jenis gloss dan matte (doff). Biasanya berlaku untuk memotong stiker, membungkus kendaraan, membuat huruf pada papan nama dan sejenisnya.
Saya sendiri menggunakan tipe untuk lapisan dasar pembuatan Garskin Gadget ataupun stiker stack cut,karena biasanya konsumen menginginkan jika suatu hari stiker akan dikupas dan design baru diganti tidak akan ada masalah melepasny. Jika lapisan bawah menggunakan residu scothclite (reflektif) atau residu lem maka akan menempel dan sulit dikeluarkan.
Sebenarnya, pabrikan di Jerman juga mengeluarkan seri 621 yang tergolong Ekonomi Cal. Tapi nampaknya seri ini jarang sekali ditemukan di Indonesia. Orang lebih mengenal Seri 651.b.

Seri 970

Hampir sama dengan 651 tapi dengan kualitas lebih baik, disebut Premium Wrapping Cast. Dilihat dari namanya, inilah tipe Oracal yang paling tepat untuk membungkus kendaraan. Harganya lebih mahal dari seri 651. Seri 970 yang digunakan oleh klien diminta untuk prestis.
Mereka memiliki kendaraan yang cukup canggih. Bahan ini memiliki sifat yang tidak merusak cat asli kendaraan.

c.
Seri 6510

Ini adalah seri neon 651. Warnanya tidak sebanyak 651. Bedanya dengan seri 651 ada bahan perekat belakng.
Jika Oracal 651 di bagian belakang bahan perekat sama dengan warna depan, sedangkan warna 6510 tidak sepenuhnya padat.

d.
Seri 631

Seri 631 (pemaparan kaleng) untuk penggunaan dinding ruangan yang akan terkelupas meski sudah berumur dua tahun.
Tidak cocok untuk diaplikasikan langsung ke panas yang terpapar ekstern. Hal ini juga cocok untuk produk pelapis yang ada di dalam ruangan, seperti kotak dengan buku, rak, bingkai foto, dll. Tapi jika ingin berkombinasi, stiker dinding bisa menggunakan seri 638 matte (wall art). Misalnya untuk membuat stiker dinding.

e.
Seri 8300

Biasanya yang terlibat dalam dunia periklanan, tidak ada kerusakan seri Oracal 8300. Ini memiliki tipe transparan, bisa diaplikasikan di neonbox agar lampu dilepas tidak terhalang stiker.

f.
Seri 8500

Stiker 8500 oracal (tembus kapur) hampir sama dengan 8300 oracal, namun berbeda jenis kertasnya.
Oracal 8300 transparan, sedangkan 8500 oracal tembus pandang. Translucent (semitransparan) adalah kebalikan dari tipe skothlite. Scothlite akan mengejar saat menerima balok dari depan, sementara tembus cahaya akan bersinar (tergantung warna stikernya) saat memancar dari belakang. Tentu cocok untuk iklan.
Jika Anda menginginkan kualitas yang lebih baik dari Seri 8500, Anda dapat mencoba Seri 8800 yang dilabelinya dengan label Translucent Premium Cast.


Add Your Comments

Disqus Comments