Cara Laris Jualan di Instagram Buat pemula

Instagram merupakan media sosial yang nggak kalah hebohnya dengan Facebook. Meskipun tergolong media sosial yang baru tapi Instagram sudah memiliki jutaan user yang saling berinteraksi dengan cara berbagi foto.


Bagi para pebisnis terutama online marketer, kehadiran Instagram tentu memberikan angin segar. Pasalnya media sosial yang satu ini sangat cocok untuk keperluan branding maupun jualan.
Sudah banyak yang membuktikannya dan banyak juga yang sudah sukses.
Sekarang giliran anda.
Bicara soal Instagram marketing, tentu tidak lepas dari yang namanya folowers.
Yah, folowers.

Ibaratnya folowers adalah para calon pembeli produk anda. Semakin banyak folowers di akun Instagram anda maka akan semakin banyak yang melihat, berinteraksi, hingga membeli produk anda.
Jadi langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menambah sebanyak mungkin folowers di akun Instagram.

Berikut ada beberapa trik yang bisa anda praktekkan untuk memperbanyak jumlah folowers dan meningkatkan penjualan produk anda :

Trik 1# Pakai Teknik SFS


SFS adalah singkatan dari Shoutout For Shoutout yang artinya saling mempromosikan sesama online shop di Instagram dengan syarat dan ketentuan yang telah disepakati.
SFS hanya bisa dilakukan oleh sesama online shop yang memiliki produk berbeda, misalnya online shop A menjual produk Garskin dan online shop B menjual produk Fashion, maka kedua online shop ini bisa saling mempromosikan.
Teknik SFS Instagram marketing memiliki banyak keuntungan, selain bisa menambah folowers secara gratis, kita juga bisa saling mengenal antara satu online shop dengan online shop lainnya.

Trik 2# Endorse Produk

 

Kegiatan endorse memang tidak asing lagi di Instagram. Banyak para pemilik online shop yang melakukan endorse ke selebgram dengan tujuan mempromosikan produk mereka.
Apa sih endorse itu ?
Endorse adalah kegiatan berpromosi dengan cara memberikan produk secara gratis ke selebriti/pejabat/orang terkenal dengan syarat mereka harus memposting status dengan tujuan mempromosikan produk tersebut.
Postingnya bisa berupa foto, tulisan rekomendasi, video, dan lain-lain.
Untuk melakukan endorse di Instagram anda hanya perlu mencari akun selebriti yang menerima endorse.
Untuk mengetahuinya anda bisa menawarkan secara langsung ke para selebriti tadi.

Trik 3# Manfaatkan Hastag

 

Pemakaian hastag atau tagar (#) cukup fenomenal di beberapa sosial media seperti Instagram dan Twitter.
Simbol sederhana ini berguna untuk mengelompokan sebuah topik dan memudahkan user saat mencari topik tersebut.
Misalnya saat anda mencari topik dengan hastag #garskinhp .
Maka akan muncul banyak sekali postingan di Instagram yang menyertakan hastag #garskin Ini tentu akan memudahkan produk kita untuk ditemukan banyak orang.
Jadi kesimpulannya, anda harus selalu menyertakan hastag di setiap postingan yang anda buat. Usahakan untuk memberikan hastag lebih dari lima dengan kata yang bervariasi.

Trik 4# Buat Profil Yang Menarik

 

“Tidak kenal maka tak sayang”
Ungakapan diatas akan berbeda arti bagi seorang online marketer, menjadi :
“Tidak kenal maka tak beli”
Midset yang bagus dari seorang online marketer adalah mau mengenal konsumennya. Lagian konsumen juga tidak mau beli jika tidak kenal penjualnya.
Dimanapun anda berjualan, baik di Facebook, Website, atau Instagram. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat indentitas sejelas mungkin.
Lengkapi profil anda, identitas bisnis, alamat, info kontak, dan lain sebagainya.
Semakin lengkap identitas maka profil akun anda akan semakin menarik.
Jadi lengkapi terlebih dahulu profil Instagram anda, seperti foto profil, biodata, kontak, serta keterangan website jika ada.
Jika sudah anda baru bisa promosi dengan memaksimalkan Instagram Marketing.

Trik 5# Fokus Niche

 

Niche atau topik merupakan bagian yang sangat penting.
Jika anda ingin sukses berjualan di Instagram sangat disarankan untuk fokus di satu niche.
Misalnya anda menjual produk Garskin.
Buatlah akun Instagram yang spesifik sesuai dengan topik tersebut misalnya @Bgarskins
Nah, selanjutnya promosikan dan jual hanya produk Garskin dan sejenisnya di akun tersebut.
Semakin anda fokus semakin cepat anda sukses.
Jika fokus di satu niche market maka folowers anda atau yang kita sebut calon pembeli akan lebih mudah mengenal dan mengingat anda.
Efeknya tentu tidak main-main, selain bisa meningkatkan penjualan, brand anda juga semakin dikenal.

Trik 6# Folowers Tertarget

Mendapatkan folowers yang tertarget di Instagram ternyata tidak sesulit yang dibayangkan.
Anda bisa pakai cara gratisan.
Pertama carilah akun sesama online shop yang menjual produk sama dengan anda (kompetitor).
Usahakan cari yang folowersnya banyak dan juga tingkat komen serta likenya tinggi.
Setelah ketemu folow semua folowers dari akun tersebut.
Mereka ini adalah target pasar kita dan kita harus mengambilnya dari kompetitor anda.
Memang cara-cara tersebut sedikit merepotkan dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit, apalagi jika anda memiliki kesibukan lain yang juga memerlukan waktu banyak.
Solusinya anda bisa memanfaatkan tools otomatisasi untuk interaksi di Instagram.
Selanjutnya adalah bagaimana caranya supaya mereka yang telah kita folow tadi mau folow back akun kita dan menjadi folowers ?
Saya punya sedikit trik.
Yaitu gembok akun.
Ya, akun yang digembok akan membuat orang lain penasaran dan mengharuskan mereka untuk folow terlebih dahulu jika ingin melihat postingan anda.
Ini bisa kita manfaatkan.
Setelah anda melakukan folow tertarget, anda bisa menggembok akun anda.
Ini bertujuan agar mereka penasaran dengan akun anda.
Nah, lakukan itu setiap kali anda melakukan folow tertarget agar semakin banyak dari mereka yang melakukan folback.

Trik 7# Time To Post

Ada waktu tertentu dimana banyak sekali orang yang mondar-mandir di Instagram.
Yaitu pukul 07.00 pagi, 12.00 siang, dan 22.00 malam.
Ini waktu yang efektif jika anda ingin menguploud foto produk anda ke Instagram.
Usahakan untuk selalu mengupload foto produk di waktu-waktu tersebut.
Dalam sehari anda bisa upload foto lebih dari 20, tapi jangan sampai lebih dari 100 dalam sehari karena berisiko di banned Instagram.

Trik 8# Harga Coret

 

Harga coret atau diskon akan memikat perhatian banyak orang.
Di Instagram, cara ini sangat efektif untuk meningkatkan penjualan dan juga interaksi para folowers.
Sudah banyak online shop besar di Instagram yang menerapkan teknik ini.
Teknik yang simpel dan juga efektif.
Anda hanya perlu menambahkan tulisan harga yang dicoret dan berikan harga yang lebih murah di foto produk yang anda upload.
Pastikan harga diskon yang anda berikan lebih murah dari kompetitor anda, karena jika tidak pasti akan banyak dari folowers anda yang kabur dan memilih online shop lain.

Trik 9# Upload Bukti Transaksi

 

Jangan melulu upload foto produk anda secara terus menerus.
Alasannya simpel.
Untuk membuat orang membeli produk dari anda salah satu kuncinya adalah kepercayaan. Jika anda terus-terusan upload foto produk, apakah orang akan percaya begitu saja.
Tentu tidak.
Anda butuh sesuatu yang akan membuat mereka percaya dan yakin untuk membeli produk dari anda. Caranya adalah upload bukti transaksi seperti foto saat barang dikirimkan, testimoni pelanggan, dan lain sebagainya.
Dengan adanya bukti transaksi bisnis maka orang akan lebih mudah untuk percaya, ini trik Instagram marketing tentang kredibilitas.
Silahkan coba kalau tidak percaya.

Trik 10# Promosi Halus

 

Trik yang terakhir adalah promosi produk dengan cara halus.
Bagaimana caranya ?
Jika anda melihat akun Instagram artis yang melakukan promosi, hampir kebanyakan dari mereka melakukan promosi secara halus.
Artinya foto mereka tidak terlihat seperti sedang promosi, tapi padahal mereka sedang promosi.
Hayo bingung kan…
Jadi begini, untuk promosi secara halus anda harus membuat foto yang anda upload di Instagram tidak terlihat seperti foto promosi.
Caranya adalah dengan tidak fokus ke produknya, tapi apa yang bisa dilakukan dengan produk tersebut.
Misalnya, saya punya produk masker wajah.
Nah, anda tidak harus memposting foto Case/Garakin tersebut secara terus menerus, tapi akan lebih baik jika anda memakai Case tersebut kemudian mengupload fotonya.
Inilah yang disebut promosi halus.


Oke segitu saja artikel kali ini tentang Instagram marketing. Kalau ada yang ingin ditanyakan silahkan corat-coret di komentar.
Jualan itu halal. Halal!
Gak usah malu, gak usah gengsi…
Dan karena jualan niat utamanya nolong orang, kalaupun ditolak, kenapa mesti pusing, stress, dan putus asa? -BGarskins-


Add Your Comments

Disqus Comments